Pentingnya Mutu Pelayanan Kebidanan Masa Kini

PENTINGNYA MUTU PELAYANAN KEBIDAN MASA KINI

PENILAIAN MUTU PELAYANAN KEBIDANAN
Untuk melakukan penilaian mutu pelayanan kebidanan dapat menggunakan indikator. Indikator adalah tolak ukur yang menunjukkan tercapai tidaknya suatu standar pelayanan kesehatan, dapat diukur dengan menggunakan instrumen atau suatu daftar tilik.
Daftar tilik adalah suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur sampai seberapa jauh pelayanan sesuai atau tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Daftar tilik berisi daftar kelengkapan sarana, pra sarana, pengetahuan, kompetensi teknis, persepsi klien, dan sebagainya.
Ada beberapa cara penilaian mutu pelayanan kebidanan :
1.      Berdasar konsep siklus PDCA
·         P = Plan
Yaitu merencanakan perubahan atau pengujian (bernilai terbaik). Merencanakan perbaikan dan pengumpulan data secara berkesinambungan:
ü  Apa yang diperbaiki
ü  Siapa yang terlibat
ü  Kapan dilaksanakan
ü  Dimana dilaksanakan
ü  Bagaimana caranya
ü  Ke arah mana goalnya
·         D = Do
Yaitu melaksanakan perubahan atau pengujian (sesuai standar terkini). Melaksanakan perubahan berdasarkan rencana yang ditetapkan :
ü  Siapa yang melaksanakan perubahan
ü  Kapan dilaksanakan perubahan
ü  Sarana apa saja yang dibutuhkan
ü  Bagaimana mekanisme pelaksanaan
ü  Lokasi mana sebagai uji coba
·         C = Check
Yaitu mengamati pengaruh perubahan (berdasarkan penelitian). Mengamati pengaruh perubahan :
ü  Apa pelaksanaan telah sesuai rencana
ü  Apakah proses perubahan perlu perbaikan ditinjau dari klien
ü  Faktor apa yang mendukung
ü  Faktor apa yang menghambat
ü  Perubahan dari sisi mutu pelayanan
·         A = Action
Yaitu bertindak berdasarkan apa yang dipelajari. Bertindak berdasarkan hasil evaluasi dan lanjutan perbaikan proses :
ü  Melihat hasil dari Check
ü  Menetapkan mekanisme perubahan
ü  Menentukan protap terkini
ü  Menentukan sasaran perubahan
ü  Advokasi perubahan
ü  Penilaian berkelanjutan 
2.      Lihat daftar tilik
3.      Lihat sasaran penilaian
·         Observasi : dengan mengamati pada saat pelayanan atau uji kompetensi dengan model atau phantom.
·         Wawancara : dengan diskusi, tanya jawab, cek pemahaman,dan sebagainya.
·         Dokumen  : melihat rekam medik, register, buku catatan.

14 Mar 2013

Pentingnya Mutu Pelayanan Kebidanan Masa Kini

PENTINGNYA MUTU PELAYANAN KEBIDAN MASA KINI

PENILAIAN MUTU PELAYANAN KEBIDANAN
Untuk melakukan penilaian mutu pelayanan kebidanan dapat menggunakan indikator. Indikator adalah tolak ukur yang menunjukkan tercapai tidaknya suatu standar pelayanan kesehatan, dapat diukur dengan menggunakan instrumen atau suatu daftar tilik.
Daftar tilik adalah suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur sampai seberapa jauh pelayanan sesuai atau tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Daftar tilik berisi daftar kelengkapan sarana, pra sarana, pengetahuan, kompetensi teknis, persepsi klien, dan sebagainya.
Ada beberapa cara penilaian mutu pelayanan kebidanan :
1.      Berdasar konsep siklus PDCA
·         P = Plan
Yaitu merencanakan perubahan atau pengujian (bernilai terbaik). Merencanakan perbaikan dan pengumpulan data secara berkesinambungan:
ü  Apa yang diperbaiki
ü  Siapa yang terlibat
ü  Kapan dilaksanakan
ü  Dimana dilaksanakan
ü  Bagaimana caranya
ü  Ke arah mana goalnya
·         D = Do
Yaitu melaksanakan perubahan atau pengujian (sesuai standar terkini). Melaksanakan perubahan berdasarkan rencana yang ditetapkan :
ü  Siapa yang melaksanakan perubahan
ü  Kapan dilaksanakan perubahan
ü  Sarana apa saja yang dibutuhkan
ü  Bagaimana mekanisme pelaksanaan
ü  Lokasi mana sebagai uji coba
·         C = Check
Yaitu mengamati pengaruh perubahan (berdasarkan penelitian). Mengamati pengaruh perubahan :
ü  Apa pelaksanaan telah sesuai rencana
ü  Apakah proses perubahan perlu perbaikan ditinjau dari klien
ü  Faktor apa yang mendukung
ü  Faktor apa yang menghambat
ü  Perubahan dari sisi mutu pelayanan
·         A = Action
Yaitu bertindak berdasarkan apa yang dipelajari. Bertindak berdasarkan hasil evaluasi dan lanjutan perbaikan proses :
ü  Melihat hasil dari Check
ü  Menetapkan mekanisme perubahan
ü  Menentukan protap terkini
ü  Menentukan sasaran perubahan
ü  Advokasi perubahan
ü  Penilaian berkelanjutan 
2.      Lihat daftar tilik
3.      Lihat sasaran penilaian
·         Observasi : dengan mengamati pada saat pelayanan atau uji kompetensi dengan model atau phantom.
·         Wawancara : dengan diskusi, tanya jawab, cek pemahaman,dan sebagainya.
·         Dokumen  : melihat rekam medik, register, buku catatan.
 

Indah Twit Twit Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez